ANALISIS KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PENYANDANG RETARDASI MENTAL PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMP ABK YAYASAN MUTIARA RUMAH PINTAR SALATIGA

CHOIRIYAH, SITI IDHATUL (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PENYANDANG RETARDASI MENTAL PADA EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMP ABK YAYASAN MUTIARA RUMAH PINTAR SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX SKRIPSI SITI IDHATUL C.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FIX SKRIPSI SITI IDHATUL C.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Choiriyah, Siti Idhatul. 2025. Analisis Kemampuan Psikomotorik Penyandang Retardasi Mental Pada Ekstrakurikuler Seni Tari di Yayasan Mutiara Rumah Pintar Salatiga. Skripsi. Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd. Kata kunci: Retardasi Mental, Kemampuan Psikomotorik, Ekstrakurikuler, Seni Tari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari pada penyandang retardasi mental di Yayasan Rumah Pintar Salatiga. 2) Mendeskripsikan kemampuan psikomotorik pada penyandang retardasi mental terhadap pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di Yayasan Rumah Pintar Salatiga. 3) Memperoleh informasi terkait faktor pendukung dan penghambat kemampuan psikomotorik pada penyandang retardasi mental pada ekstrakurikuler seni tari di Yayasan Rumah Pintar Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan guru seni tari, guru wali kelas, dan kepala sekolah, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto hasil dokumentasi mengenai subjek dan nilai hasil belajar subjek. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari dilatih oleh guru seni tari dilaksanakan dengan jadwal setiap kelas berbeda. Bertujuan sebagai upaya mengembangkan potensi anak retardasi mental, sebagai sarana terapi fisik motorik, pengenalan budaya tradisional Indonesia dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak. Media yang digunakan berupa media visual dan audio, metode yang diberikan adalah metode demonstrasi, imitasi, dan drill, evaluasi berjalan setiap 3 bulan sekali, kendala yang dihadapi meliputi pengaturan emosi siswa, penyediaan alat peraga, dan kesulitan dalam mengajarkan gerakan tari. 2.) Kemampuan psikomotorik penyandang retardasi mental diketahui kurang optimal, hasilnya, dari tujuh aspek kemampuan psikomotorik, diantaranya, yaitu aspek adaptasi dan originasi, anak masih belum mampu melakukannya, 3.) faktor pendukung kemampuan psikomotorik penyandang retardasi mental pada ekstrakurikuler seni tari di SMP ABK Yayasan Rumah Pintar Salatiga adalah dukungan orang tua yang suportif, fasilitas yang memadai digunakan untuk berlatih, serta kehadiran guru yang berperan membimbing anak saar berada di sekolah. Faktor penghambatanya adalah kondisi emosional yang tidak stabil serta lingkungan bermain anak yang tidak terkontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:21
Last Modified: 05 Jun 2025 04:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item