Haidar, Isa (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN IICBT DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS XI C MA AL-IRSYAD TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI - Isa Haidar (1).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI - Isa Haidar (1).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI - Isa Haidar (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat resiliensi akademik siswa kelas XI C MA Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang, mendeskripsikan penerapan konseling kelompok dengan pendekatan IICBT pada siswa kelas XI C MA Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang, serta menganalisis efektivitas pendekatan IICBT dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas XI C MA Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 11 siswa kelas XI C MA Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang yang dipilih melalui purposive sampling dari populasi sebanyak 30 siswa, dengan kriteria tingkat resiliensi akademik yang rendah. Intervensi yang diberikan berupa konseling kelompok dengan pendekatan Islamic Integrated Cognitive Behavior Therapy (IICBT). Instrumen pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji Wilcoxon Signed-Rank Test untuk melihat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, 11 siswa (36,7%) berada pada kategori rendah, 6 siswa (20%) kategori sedang, dan 13 siswa (43,3%) kategori tinggi. Konseling kelompok dengan pendekatan IICBT dilakukan dalam tiga sesi: kontemplasi ayat Al-Qur’an untuk menanamkan tawakal, dzikir pernapasan untuk meredakan kecemasan, dan teknik menantang pikiran irasional. Hasilnya, siswa lebih mampu mengelola stres, berpikir rasional, serta lebih percaya diri dan proaktif menghadapi tantangan akademik. Setelah mengikuti konseling kelompok dengan pendekatan IICBT, rata-rata skor resiliensi akademik meningkat dari 105,82 menjadi 174,82. Uji Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan nilai signifikansi 0,003 karena Sig. (2-tailed ) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Yang menegaskan bahwa konseling kelompok berbasis IICBT memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan resiliensi akademik siswa. Dengan demikian, konseling kelompok dengan pendekatan IICBT efektif dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas XI C MA AlIrsyad Tengaran Kabupaten Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 20:30 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 20:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |