Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Inklusi SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

Maysaroh, Fatimah Nur (2025) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Inklusi SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FATIMAH NUR MAYSAROH 23010210006.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FATIMAH NUR MAYSAROH 23010210006.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FATIMAH NUR MAYSAROH 23010210006.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FATIMAH NUR MAYSAROH 23010210006.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FATIMAH NUR MAYSAROH 23010210006.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FATIMAH NUR MAYSAROH 23010210006.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI BP; 2. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI BP; 3. Evaluasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI BP. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer berupa hasil wawancara dari kepala sekolah, kurikulum, kesiswaan, guru PAI BP, dan peserta didik. Data sekunder penelitian ini ialah modul ajar, pelaksanaan pembelajaran, pelatihan guru, proyek siswa, dan tugas siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tirangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga; 1. Perencanaan dilakukan dengan analisis peserta didik mulai dari kesiapan belajar, minat bakat, dan gaya belajar, penyusunan modul ajar dengan menggabungkan modul resmi dinas dan JSIT, serta pelatihan guru terkait pembelajaran berdiferensiasi; 2. Pelaksanaan dilakukan dengan penggunaana model pembelajaran berdiferensiasi, pemilihan strategi disesuaikan dengan kondisi kelas dan pengelompokan siswa berdasarkan gaya belajar menyesuaikan materi; 3. Evaluasi dilakukan dengan assesmen for learning berupa pertanyaan pemantik, assesmen as learning berupa tugas siswa, dan assesmen of learning berupa ulangan, menggunakan serta menggunakan jenis evaluasi lisan dan tertulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2025 01:29
Last Modified: 13 Jun 2025 01:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23896

Actions (login required)

View Item View Item