Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV B MI Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Ajaran 2024/2025

Afilla, Meita Wara (2025) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV B MI Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MEITA WARA AFILLA 23040210086.pdf

Download (8MB)
[img] Text
MEITA WARA AFILLA 23040210086.pdf

Download (8MB)
[img] Text
MEITA WARA AFILLA 23040210086.pdf

Download (8MB)
[img] Text
MEITA WARA AFILLA 23040210086.pdf

Download (8MB)
[img] Text
MEITA WARA AFILLA 23040210086.pdf

Download (8MB)
[img] Text
MEITA WARA AFILLA 23040210086.pdf

Download (8MB)

Abstract

Afilla, Meita Wara. (2025). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV B MI Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Fatkhur Rozi, M.Pd. Kata Kunci: Metode Role Playing, Hasil Belajar, IPAS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV B MI Al Bidayah Candi Bandungan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV B MI Al Bidayah Candi Bandungan tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 31 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 20 anak dengan persentase 65% dan siswa yang mendapatkan nilai belum tuntas sebanyak 11 anak dengan persentase 35%. Hasil belajar meningkat sebanyak 22% pada siklus II, siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 27 anak dengan persentase 87%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai belum tuntas sebanyak 4 anak dengan persentase 13%. Hasil belajar siswa telah memenuhi KKTP yang ditentukan yaitu nilai ≥ 70 dengan persentase yang telah memenuhi indikator ketuntasan klasikal yaitu ≥ 75% sehingga penelitian dinyatakan berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:13
Last Modified: 13 Jun 2025 03:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23898

Actions (login required)

View Item View Item