PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU BERMUATAN SURAT AL-ASR TERHADAP KETERLAMBATAN (LATE-COMING) SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA

Andriani, (2025) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU BERMUATAN SURAT AL-ASR TERHADAP KETERLAMBATAN (LATE-COMING) SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Andriani_skripsii.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Andriani_skripsii.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Andriani_skripsii.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Andriani_skripsii.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat keterlambatan pada siswa sebelum diberikannya konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku bermuatan surat Al-Asr terhadap keterlambatan siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga 2) untuk mengetahui seperti apa tingkat keterlambatan siswa sesudah diberikannya pengaruh konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku bermuatan Surat Al-Asr terhadap keterlambatan siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga 3) untuk membandingkan apakah ada perbedaan keterlambatan sebelum dan sesudah di berikannya konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku bermuatan surat Al-Asr pada siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimen. Pengambilan sampel dengan One Group Pretest-Posttest dengan teknik Purposive sampling dengan mengambil 7 sampel dari 30 populasi. Metode penggumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner dan obsan observasi keterlambatan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil menunjukan bahwa 1) kondisi siswa sebelum di beri perlakuan berupa konseling kelompok yaitu hasil pretest kuesioner sebesar 711 dan hasil observasi sebesar 211 sehingga hasil tersebut berada di antara kategori sedang dan tinggi. 2) tingkat keterlambatan siswa sesudah di berikannya perlakuan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku bermuatan surat Al-Asr yaitu dengan hasil posttest kuesioner sebesar 559 dan posttest Observasi sebesar 176. 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara sesudah diberikannya konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku bermuatan Surat Al-Asr dengan nilai signifikan antara kuesioner dan observasi sebesar 0,00 < 0,05 dengan selisih antara pretest posttest kuesioner dan observasi sebesar 21,3% dan 16,5%. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan adanya perbedaan sesudah dan sebelum diberikannya konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku bermuatan Surat Al-Asr terhadap keterlambatan (Late-Coming) siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2025 18:55
Last Modified: 13 Jun 2025 18:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23917

Actions (login required)

View Item View Item