Izzah, Septi Nailil (2025) Strategi Bauran Pemasaran Produk Haji dan Umrah dalam Meningkatkan Calon Jamaah pada PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI SEPTI NAILIL IZZAH_43020210014.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SEPTI NAILIL IZZAH_43020210014.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SEPTI NAILIL IZZAH_43020210014.pdf Download (3MB) |
Abstract
Izzah, Septi Nailil. 2025. Strategi bauran Pemasaran produk Haji dan Umrah dalam Meningkatkan Calon Jamaah pada PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Sutrisno, M.Pd.I. Kata Kunci : Bauran Pemasaran; PT. Hajar Aswad Mubaroq; Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengathui startegi bauran pemasaran produk Haji dan Umrah dalam meningkatkan calon jamaah pada PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui staf pemasaran PT. Hajar Aswad Mubaroq, Direktur PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta, alumni jamaah Haji/Umrah dan calon jamaah Haji/Umrah PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta, serta dokumen yang ada di PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Strategi bauran pemasaran yang diterapkan PT. Hajar Aswad Mubaroq, dari strategi produk hajar aswad sudah memberikan pilihan produk yang beragam sehingga memudahkan jamaah untuk memilih produk yang dibutuhkan, dari strategi harga Hajar Aswad sudah menerapkan strategi penetapan harga dengan baik sehingga menarik minat calon jamaah Haji maupun Umrah. dalam strategi lokasi Hajar Aswad sudah memiliki lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau karena letaknya yang berada di pusat kota. Kemudian dalam strategi promosi hajar aswad juga sudah menerapkan beragam promosi yang dilakukan mulai dari promosi offline hingga online, keduanya sudah sama-sama berjalan beriringan dan setiap jamaah bisa menjangkau informasi yang diberikan oleh travel dengan mudah. 2) PT. Hajar Aswad Mubaroq sudah menerapkan strategi bauran pemasaran dengan baik, dari bauran pemasaran yang diterapkan bisa berjalan dan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. PT. Hajar Aswad Mubaroq telah memahami dan menerapkan strategi bauran pemasaran (4P: Product, Price, Place, Promotion) dalam memasarkan produk haji dan umrahnya. Dilihat dari grafik pertumbuhan jumlah jamaah pada PT. Hajar Aswad Mubaroq yang bergerak cukup signifikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 22:07 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 22:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |