Sidiq, Muhammad Mahfud (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Multimedia Power Point terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Muhammad Mahfud Sidiq_23070200040_Tadris Matematika.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Muhammad Mahfud Sidiq_23070200040_Tadris Matematika.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Muhammad Mahfud Sidiq_23070200040_Tadris Matematika.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Muhammad Mahfud Sidiq_23070200040_Tadris Matematika.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Muhammad Mahfud Sidiq_23070200040_Tadris Matematika.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu multimedia powerpoint dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Seluruh partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan probability sampling, kelas VII G terpilih sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, dokumentasi, dan observasi. Uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran digunakan untuk menilai validitas soal tes terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bantuan IBM SPSS Statistics 23, yang meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji efektivitas kemudian dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test, Independent Sample T-Test, dan N-Gain Score. Dari proses penelitian ini, hasil menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 89,14 dan nilai rata rata pretest sebesar 41,42 yang berarti bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Hal tersebut juga dibuktikan dalam uji Independent Sample T-Test dengan nilai signifikasi 0,011<0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemudian pada uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-Gain Score pada kelas eksperimen 82,56% yang termasuk dalam kategori efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu multimedia powerpoint dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 15:12 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 15:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |