Sari, Juwita (2025) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DAN LINGKUNGAN PERTEMANAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
JUWITA SARI 23010210084.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sari, Juwita. 2025. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PAI dan Lingkungan Pertemanan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin, M.S.I Kata kunci: kompetensi pedagogik PAI, lingkungan pertemanan sekolah, dan minat belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMA negeri 1 Tengaran kabupaten Semarang, mengetahui pengaruh lingkungan pertemanan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMA negeri 1 Tengaran kabupaten Semarang, dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI dan lingkungan pertemanan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMA negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025 Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Responden berjumlah 64 di ambil dari siswa kelas XI berjumlah 180 populasi Metode yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Angket berupa pernyataan sejumlah 60 soal berdasarkan indikator dari masing-masing variabel. Variabel penelitian ini pedagogik guru PAI, lingkungan pertemanan sekolah, dan minat belajar. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan memanfaatkan IBM SPSS Statistic 25. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik ( uji normalitas, multikolineritas, dan heteroskedatisitas), analisis regresi sederhana (koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t) dan analisis regresi berganda (koefisien korelasi serta koefisien dterminasi, dan uji f.) Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwasanya: 1) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap minat belajar dibuktikan perhitungan dari analisis deskriptif melalui uji-t dengan nilai hitung thitung>ttabel hasil nilainya 13,946 > 2,000 yang berarti hipotesis diterima. 2) terdapat pengaruh lingkungan pertemanan sekolah terhadap minat belajar dibuktikan perhitungan dari analisis deskriptif melalui uji-t dengan nilai hitung thitung>ttabel hasil nilainya 11,263 > 2,000 yang berarti hipotesis diterima. 3) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI dan lingkungan pertemanan sekolah terhadap minat belajar dibuktikan perhitungan dari analisis deskriptif melalui uji-f dengan nilai hitung fhitung>ftabel hasil nilainya 41,776 > 2,000 yang berarti hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 17:17 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 17:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |