ANALISIS SIKAP PENGELOLA DALAM PENYELESAIAN PERMASALAHAN PADA JAMAAH UMRAH DI PT. SEKOLAH HAJI UMROH (SHU) BAITULLAH BAWEN KABUPATEN SEMARANG

lutfiana, Risalatul (2025) ANALISIS SIKAP PENGELOLA DALAM PENYELESAIAN PERMASALAHAN PADA JAMAAH UMRAH DI PT. SEKOLAH HAJI UMROH (SHU) BAITULLAH BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Risalatul Lutfiana 43020210048.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Risalatul Lutfiana 43020210048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lutfiana, Risalatul 2025. Analisis Sikap Pengelola Dalam Penyelesaian Permasalahan Pada Jamaah Umrah Di PT. Sekolah Haji Umroh (SHU) Baitullah Bawen Kabupaten Semarang. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Progam Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budi Sunarso, S. Pd., M.M. Pd., M. Si. Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, Permasalahan Jamaah, Sikap Pengelola, Umrah. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah mengetahui sikap pengelola dalam penyelesaian permasalahan pada jamaah umrah di PT. Sekolah Haji Umroh (SHU) Baitullah Bawen Kabupaten Semarang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian permasalahannya. Permasalahan dalam layanan umrah memerlukan sikap pengelola yang profesional dalam aspek kognitif, afektif, dan perilaku. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif studi kasus dengan teknis pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolahan data dari sumber primer berupa hasil wawancara dari Pimpinan PT. Sekolah Haji Umroh (SHU) Baitullah, Staf Pengelola (Customer Relationship Management). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap pengelola PT. SHU Baitullah Bawen dalam menyelesaikan permasalahan jamaah tercermin melalui pemahaman yang baik terhadap kebutuhan jamaah, empati yang tinggi, serta tindakan cepat dan tepat dalam menangani keluhan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian permasalahan meliputi kemampuan komunikasi, pengalaman kerja, dukungan manajemen, serta sistem edukasi jamaah yang diterapkan PT. SHU Baitullah. Penelitian ini merekomendasikan agar pengelola terus meningkatkan kompetensi dan pelayanan agar dapat menjaga kepuasan dan kepercayaan jamaah umrah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:07
Last Modified: 17 Jun 2025 02:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23999

Actions (login required)

View Item View Item