IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ BAGI SISWA INKLUSI DALAM MEMBENTUK GENERASI QUR’ANI DI SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

NADHIFAH, LAILA (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ BAGI SISWA INKLUSI DALAM MEMBENTUK GENERASI QUR’ANI DI SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LAILA NADHIFAH 23010210019.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI LAILA NADHIFAH 23010210019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan program tahfiz bagi siswa inklusi dalam membentuk generasi Qur’ani di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. 2) Proses pelaksanaan program tahfiz bagi siswa inklusi dalam membentuk generasi Qur’ani di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi program tahfiz bagi siswa inklusi dalam membentuk generasi Qur’ani di SMP Negeri 7 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data yang digunakan berasal dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan program tahfiz bagi siswa inklusi mencakup menentukan tujuan, target hafalan, tim pengajar, edukasi kepada orang tua serta evaluasi berkala. 2) Pelaksanaan program tahfiz didampingi oleh wali kelas dan mahasiswa UIN Salatiga, dengan metode tasmi’, talaqqi, murojaah, takrir, dan tutor sebaya. 3) Faktor pendukung dari program tahfiz yaitu guru pengampu tahfiz, kurikulum inklusif, lingkungan yang mendukung, dukungan dan motivasi serta adanya guru pembimbing khusus. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya muwajih (guru pendamping), kesamaan ayat, penggunaan perangkat elektronik, keterbatasan waktu dan fasilitas, kondisi setiap anak yang berbeda dan kurangnya konsentrasi. Program tahfiz ini mencerminkan nilai-nilai Qur’ani dalam diri siswa yaitu nilai keimanan (aqidah), ibadah, kesabaran, ketekunan, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kepedulian sosial, motivasi, semangat belajar serta moral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2025 13:01
Last Modified: 17 Jun 2025 13:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item