PENGARUH PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMPN 3 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Mursyada, Ria Khasna (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMPN 3 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIA KHASNA MURSYADA 23010210010-SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
RIA KHASNA MURSYADA 23010210010-SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
RIA KHASNA MURSYADA 23010210010-SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan literasi digital terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui pengaruh berpikir kreatif terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan literasi digital dan berpikir kreatif terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Salatiga pada bulan Maret 2025. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII yang mengikuti pembelajaran PAI jumlahnya 209 siswa, dengan jumlah sampel yang diambil secara random sampling sebanyak 68 siswa. Terdapat tiga variabel pada penelitian ini yaitu, penggunaan literasi digital (X1), berpikir kreatif (X2), dan kemandirian belajar PAI (Y). Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah 45 pernyataan. Penelitian ini menerapkan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji instrumen penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Untuk menganalisis data digunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedatisitas), analisis regresi sederhana (koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan Uji-t) dan analisis regresi berganda (koefisien korelasi serta koefisien determinasi, dan Uji-F) dengan bantuan SPSS for windows versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan literasi digital terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,858 > 1,668. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan berpikir kreatif terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,683 > 1,668. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan literasi digital dan berpikir kreatif terhadap kemandirian belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 3 Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 33,641 > 3,14, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2025 16:57
Last Modified: 17 Jun 2025 16:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24013

Actions (login required)

View Item View Item