PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KINERJA PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2018-2023

Saputri, Dwi Ema (2025) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KINERJA PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2018-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI EMA S. 63030200170 buaru.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saputri Dwi. E. 2024. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Pengelolaan Lingkungan, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2018-2023. Salatiga: Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ananda Setiawan, M.Ak. Kesadaran akan pengungakapan tanggung jawab sosial di Indonesia masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, kinerja pengelolaan lingkungan dan media exposure terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini fokus pada perusahaan manufaktur dan pertambangan yang terdaftar di JII tahun 2018-2023 sebanyak 72 perusahaan. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan alat analisis E-Views untuk mengolah data. Jenis riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder (time series dan cross section). Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa: 1. Ukuran perusahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, 2. Kinerja pengelolaan lingkungan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, 3. Media exposure berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, 4. Profitabilitas mampu memperlemah ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR, 5. Proditabilitas mampu memperlemah kinerja pengelolaan lingkungan terhadap pengungkapan CSR, 6. Profitabilitas mampu memperlemah media exposure terhadap pengungkapan CSR. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi data panel, uji pemilihan model, uji asumsi klasik, uji hepotesis, dan uji MRA. Kata Kunci: Kinerja Pengelolaan Lingkungan, Media Exposure, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2025 20:29
Last Modified: 17 Jun 2025 20:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24033

Actions (login required)

View Item View Item