IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN CERITA FIKSI KELAS III MI ASAS ISLAM KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

SARIWIJAYANTI, SHOLEHAH (2025) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN CERITA FIKSI KELAS III MI ASAS ISLAM KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SHOLEHAH SARIWIJAYANTI 23040210096 SKRIPSI AMAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sariwijayanti, Sholehah. 2025. Implementasi Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Cerita Fiksi Kelas III MI Asas Islam Kalibening Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing; Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi; Model Contextual Teaching and Learning; Media Audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audiovisual dalam pembelajaran cerita fiksi, (2) apa saja kendala yang dihadapi selama implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audiovisual dalam pembelajaran cerita fiksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber primer yang diperoleh peneliti adalah hasil wawancara dengan kepala madrasah, wali kelas, wali murid dan siswa kelas III B. Sumber sekunder yang diperoleh peneliti berupa data tertulis profil MI Asas Islam Kalibening dan dokumen-dokumen yang berkaitan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audiovisual dalam pembelajaran cerita fiksi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (2) kendala yang dihadapi selama implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audiovisual dalam pembelajaran cerita fiksi kelas III MI Asas Islam Kalibening meliputi tiga aspek, yaitu dari segi sarana prasarana, segi pemilihan dan penyampaian materi, dan segi keseimbangan aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2025 22:26
Last Modified: 17 Jun 2025 22:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item View Item