PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASING DECISION PADA PRODUK AZARINE MELALUI BRAND AWARENESS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI JAWA TENGAH

Damayanti, Putri Ayu (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASING DECISION PADA PRODUK AZARINE MELALUI BRAND AWARENESS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI JAWA TENGAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI-PUTRI AYU DAMAYANTI FIX BGT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchasing decision produk Azarine di Jawa Tengah, dengan mempertimbangkan peran Brand Awareness dan Electronic Word of Mouth (eWOM) sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) yang menjelaskan bahwa perilaku konsumen dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan analisis data dilakukan melalui Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Social Media Marketing memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Brand Awareness, Electronic Word of Mouth, serta Purchasing decision. Meskipun demikian, Brand Awareness tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Purchasing decision. Sebaliknya, Electronic Word of Mouth terbukti memberikan pengaruh yang positif dan signifikan. Selain itu, baik Brand Awareness maupun Electronic Word of Mouth terbukti berperan sebagai mediasi dalam hubungan antara Social Media Marketing dan Purchasing decision. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui media sosial dapat meningkatkan keputusan pembelian secara tidak langsung, terutama melalui penguatan Electronic Word of Mouth, sementara pengaruh langsung dari Brand Awareness masih kurang kuat. Dalam konteks Azarine sebagai merek lokal, peningkatan keterlibatan konsumen melalui media sosial dan penyebaran ulasan positif menjadi elemen kunci dalam mendorong keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: Social Media Marketing, Brand Awareness, Electronic Word of Mouth, Purchasing decision

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2025 00:55
Last Modified: 18 Jun 2025 00:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24048

Actions (login required)

View Item View Item