Santika, Mella Dewi (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENYESUAIKAN GAYA BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM PLUS BINA INSANI SUSUKAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
MELLA DEWI SANTIKA-23010210113.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MELLA DEWI SANTIKA-23010210113.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MELLA DEWI SANTIKA-23010210113.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MELLA DEWI SANTIKA-23010210113.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MELLA DEWI SANTIKA-23010210113.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MELLA DEWI SANTIKA-23010210113.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MELLA DEWI SANTIKA-23010210113.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dalam menyesuaikan gaya belajar siswa di SMA Islam Plus Bina Insani Susukan Tahun Ajaran 2024/2025; 2) Faktor pendukung penerapan Multiple Intelligences dalam menyesuaikan gaya belajar siswa di SMA Islam Plus Bina Insani Susukan Tahun Ajaran 2024/2025; 3) Faktor penghambat penerapan Multiple Intelligences dalam menyesuaikan gaya belajar siswa di SMA Islam Plus Bina Insani Susukan Tahun Ajaran 2024/2025; 4) Saran faktor penghambat penerapan Multiple Intelligences dalam menyesuaikan gaya belajar siswa di SMA Islam Plus Bina Insani Susukan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada berkas-berkas terkait. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dilaksanakan dengan pertama melakukan pelatihan guru untuk menjadi interviewer pelaksanaan tes Multiple Intelligences Research (MIR) kemudian hasil tesnya digunakan untuk pemetaan kelas sesuai dengan kecerdasan siswa. Proses pembelajaran dilakukan dengan menyesuaikan metode pembelajaran dengan kecerdasan siswa dan gaya belajar mereka supaya pembelajaran bisa berjalan dengan efektif. Selanjutnya untuk evaluasinya tidak dilihat dari nilai kognitif saja melainkan dengan melihat keaktifan siswa dalam belajar dikelas. 2) Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran: adanya pelatihan guru, peningkatan partisipasi dan motivasi belajar siswa, siswa merasa dihargai dan diperhatikan dan penyusunan jadwal dan waktu pembelajaran yang baik. 3) Faktor penghambatnya kurangnya konsisten guru dalam menerapkan Multiple Intelligences, dan fasilitas yang belum mendukung sepenuhnya dan pergantian guru-guru baru. 4) Saran untuk faktor penghambat yaitu pihak sekolah mendorong guru untuk tetap kreatif dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada, melakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru mengenai Multiple Intelligences, menunjuk mentor dari guru yang sudah berpengalaman untuk membantu guru baru, dan kolaborasi antar guru dalam merencanakan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:10 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |