Pengaruh Self-Control dan Muhasabah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang

DEWI, ALISA CHUSUMA (2025) Pengaruh Self-Control dan Muhasabah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ALISA CHUSUMA DEWI-23080210026-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ALISA CHUSUMA DEWI-23080210026-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ALISA CHUSUMA DEWI-23080210026-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ALISA CHUSUMA DEWI-23080210026-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ALISA CHUSUMA DEWI-23080210026-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ALISA CHUSUMA DEWI-23080210026-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dewi, Alisa Chusuma. 2025. Pengaruh Self-Control dan Muhasabah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: Self-Control; Muhasabah; Kedisiplinan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji pengaruh self-control terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang; 2) mengkaji pengaruh muhasabah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang; serta untuk 3) menganalisis seberapa besar pengaruh self-control dan muhasabah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 82 siswa dari 327 populasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik sample random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis yang meliputi variabel self-control menggunakan teori Averill dengan 3 aspek dan 6 indikator, variabel muhasabah menggunakan teori Abu Hamid Al-Ghazali dan Musfichin dengan 3 aspek dan 4 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adanya pengaruh yang signifikan self-control terhadap kedisiplinan belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian melihat hasil perbandingan antara t hitung dengan t tabel, yaitu dengan hasil t hitung > t tabel 5,796 > 1,990; 2) adanya pengaruh yang signifikan muhasabah terhadap kedisiplinan belajar, dengan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian melihat hasil perbandingan antara t hitung dengan t tabel, yaitu dengan hasil t hitung > t tabel 3,882 > 1,990; dan 3) Self-control dan muhasabah memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan belajar, dengan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian melihat hasil perbandingan antara f hitung dengan f tabel, yaitu f hitung > f tabel dengan hasil 70,612 > 3,11. Adapun hasil persamaan regresi linier berganda dari Y= a + b1X1 + b2X2 adalah Y= 1,515 + 0,762 . X1 + 0,711 . X2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2025 17:05
Last Modified: 18 Jun 2025 17:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24075

Actions (login required)

View Item View Item