fadhilaturrohmaniyah, Annisa (2025) EFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATERI RELASI DAN FUNGSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs SA AL-IDRUS TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
REVISI(1)-1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
REVISI(1)-1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fadhilaturrohmaniyah, Annisa. (2025). Ketidak efektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Materi Relasi Dan Fungsi Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs SA Al-Idrus Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketidak efektifan model pembelajaran Cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan Masalah materi relasi dan fungsi peserta didik kelas VIII MTs SA AL-IDRUS tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan variabel terikatnya yaitu meningkatkan kemampuan menyelesaikan Masalah. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs SA AL-IDRUS dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan memperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen dalam pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas Kontrol menerapkan pembelajaran PBL. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal. Analisis data N Gain kelas eksperimen dan kelas Kontrol dilakukan dengan uji Independent Sample T Test menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diketahui kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varian yang tidak homogen, langkah selanjutnya adalah menguji hipotesis dengan uji Independent Sample T Test. Untuk menguji perbedaan rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen dan kelas Kontrol adalah homogen. Sehingga, Hasil uji perbedaan Uji Independent Sampel T-Tes dapat dilihat pada bagian equal variances assumed. Berdasarkan Tabel 4.15 diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,093 ≥ 0,05 maka
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 17:11 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 17:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |