Wardani, Linda (2025) STRATEGI KOMUNIKASI MASYARAKAT DUSUN BUTUH DESA TEMANGGUNG KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA HALAL “NEPAL VAN JAVA”. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
LINDA WARDANI.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
LINDA WARDANI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Wardani, Linda. 2025. Strategi Komunikasi Masyarakat Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang Dalam Mempromosikan Wisata Halal “Nepal Van Java”. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Pembimbing: Bapak Avin Wimar Budyastomo, M.Kom. Kata kunci: Nepal Van Java, Promosi Wisata Halal, Dusun Butuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan masyarakat Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang dalam mempromosikan wisata halal Nepal van java, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mempromosikan wisata halal Nepal Van Java. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan dan bersifat desktiptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni wawancara dengan Kepala Dusun Butuh, Ketua Pengelola Wisata Nepal Van Java, Bendahara Pengelola Wisata Nepal Van Java, serta wawancara kepada 4 pengunjung wisata. Data sekunder diperoleh dari, buku, jurnal, artikel dan situs web. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi komunikasi yang digunakan oleh masyarakat Dusun Butuh Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang Dalam Mempromosikan Wisata Halal “Nepal Van Java” yang bedasarkan wawancara dengan narasumber adalah komunikasi digital berbasis media sosial. Media sosial sangat berperan penting terhadap daya tarik destinasi wisata, khususnya “Nepal Van Java”. Selain keberhasilan wisata “Nepal Van Java” dalam melakukan promosi menggunkan media sosial, peran aktif masyarakat Dusun Butuh sebagai pelaku wisata sangatlah berpengaruh dan perperan aktif dalam melakukan promosi wisata ini. Faktor pendukung dalam mempromosikan wisata ini didasari adanya Kerjasama dan berkolaborasi dengan Perusahaan swasta, BUMN (BRI), Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang, jurnalis, pesatnya penyebaran informasi mengenai wisata “Nepal Van Java” dan keramahan penduduk sekitar wisata yang dapat mendukung keberhasilan dalam mempromosikan wisata “Nepal Van Java”. Faktor penghambat dalam mempromosikan wisata “Nepal Van Java” Kurangnya kesadaran warga sebagai pelaku wisata serta adanya kesenjangan-kesenjangn yang menjadi konflik sosial. Cara mengatasi hambatan dalam mempromosikan wisata”Nepal Van Java” adalah dengan penyampaian terus menerus supaya sadar dan rutin diadakan perkumpulan setiap sebulan sekali sebagai bahan evaluasi agar dalam mempromosikan wisata “Nepal Van Java ini” bisa maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 18:59 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 18:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |