2 PENGEMBANGAN KURIKULUM TERPADU SISTEM FULL DAY SCHOOL (STUDI MULTI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG, SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG DAN SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MAGELANG)

Widyowati, Lilies (2018) 2 PENGEMBANGAN KURIKULUM TERPADU SISTEM FULL DAY SCHOOL (STUDI MULTI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG, SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG DAN SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MAGELANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS PENGEMBANGAN KURIKULUM TERPADU.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan Kurikulum Terpadu Sistem Full Day School Studi Multi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang dan SD Terpadu Ma‟arif Gunungpring Magelang. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan kurikulum terpadu di SD Islam di Magelang dengan menggunakan sistem full day school yang diwakili oleh SD Muhammadiyah 1 Alternatif, SDIT Ihsanul Fikri dan SD Terpadu Ma‟arif Gunungpring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan deskriptif analitis dan deskriptif komparatif. Deskriptif analitis cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Permasalahan yang dibahas meliputi konsep, model desain dan implementasi pengembangan kurikulum terpadu sistem full day school. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pengembangan kurikulum terpadu merupakan pengintegrasian kurikulum Diknas yang diwarnai dengan nilai-nilai islami dengan penambahan bidang studi keislaman, dan untuk pelaksanaanya dengan menerapkan full day school. Desain kurikulum terpadu berorientasi pada kebutuhan peserta didik, lingkungan, kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK yang diorganisasikan dalam sebuah kurikulum. Implementasi kurikulum di sekolah dengan melibatkan peran kepala sekolah sebagai pelaksana kurikulum tingkat lembaga sekolah, guru sebagai pelaksana kurikulum di kelas dan waka kurikulum sebagai perencana kurikulum di sekolah. Implementasi kurikulum merupakan integrasi secara fungsional antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Kata kunci: Pengembangan; Kurikulum Terpadu; Full day school.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 02:47
Last Modified: 06 Mar 2018 02:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item