CONTENT PLANNING PADA AKUN INSTAGRAM @UNLIMITEDPUBLICSPEAKING

annisa, avisina nur (2025) CONTENT PLANNING PADA AKUN INSTAGRAM @UNLIMITEDPUBLICSPEAKING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAB 1-5 SKRIPSI AVISINA FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan dan perencanaan content planning yang dilakukan pada akun instagram @Unlimitedpublicspeaking sebagai media edukasi Jenis penelitian ini Metode penelitian yang digunakan, yakni metode studi kasus kualitatif untuk menganalisis perencanaan konten pada akun Instagram @unlimitedpublicspeaking untuk mengamati secara mendalam bagaimana proses perencanaan konten diterapkan, teknik komunikasi yang digunakan dalam tahapan perencanaan, serta tantangan dan evaluasi dalam tahapan perencanaan konten. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pengelola akun instagram beserta obserfasi, dan sumber sekunder yaitu foto dari web, instagram dan hal-hal berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian Perencanaan konten di akun Instagram @Unlimitedpublicspeaking dilakukan secara sistematis melalui beberapa tahap. Dimulai dari brainstorming ide untuk menentukan topik utama, dilanjutkan dengan penyusunan kalender editorial dan Content Management System (CMS) dan MBS (Meta Business Suite) untuk membantu dalam pengelolaan konten yang lebih efektif. Selain itu, dilakukan juga drafting concept dengan riset tren dan kebutuhan audiens dan dilanjutkan dengan tahap design. Kemudian sebelum dipublikasikan, konten harus melewati tahap validasi dan approval supervisor, yang bertujuan untuk menjaga kualitas serta kredibilitas informasi dan diakhiri dengan evaluasi. Dengan demikian, temuan penelitian menyajikan hasil penelitian yang signifikan dan relevan dalam konteks perkembangan pendidikan digital dan strategi komunikasi, memberikan kontribusi praktis dan teoretis dalam memahami bagaimana platform media sosial dapat dioptimalkan untuk tujuan edukasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2025 21:23
Last Modified: 18 Jun 2025 21:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24111

Actions (login required)

View Item View Item