, DINA FARIDA SANTI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Revisi Dina Farida Santi 23070210017_Final.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Skripsi Revisi Dina Farida Santi 23070210017_Final.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Skripsi Revisi Dina Farida Santi 23070210017_Final.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Skripsi Revisi Dina Farida Santi 23070210017_Final.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Santi, Dina Farida. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen pembimbing: Prof. Dr. Winarno,S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Project-Based Learning, Berpikir Kritis, Relasi dan Fungsi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Salatiga pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan desain Pre Test dan Post-Test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak sederhana, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Instrumen penelitian berupa tes esai yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan n-gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,786 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol memperoleh rata rata n-gain sebesar 0,542 (kategori sedang). Selanjutnya, hasil uji independent t-test terhadap data N-Gain menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika pada materi Relasi dan Fungsi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 22:59 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 22:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |