Maisyaroh, Siti (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MEMBUAT MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SRAGEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SITI MAISYAROH_T.MAT_ 23070210058.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SITI MAISYAROH_T.MAT_ 23070210058.pdf Download (4MB) |
Abstract
Maisyaroh, Siti. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Membuat Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sragen. Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Project Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning membuat mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sragen. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pre-Test dan Post-Test. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen (32 siswa) dan kelas VII G sebagai kelas kontrol (25 siswa), yang dipilih menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa 8 soal esai Pre-Test dan 8 soal Post-Test yang telah divalidasi. Hasil uji validitas menyatakan semua soal valid, sedangkan uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,726 (Pre-Test) dan 0,812 (Post-Test). Tingkat kesukaran soal sukar (Pre-Test) dan soal sedang (Post-Test), dengan daya pembeda sangat baik (Pre-Test) dan sangat tinggi (Post-Test). Analisis data dilakukan dalam dua tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil rata – rata kelas eksperimen 91,66 lebih besar dari kelas control 88,64. Hasil dari uji hipotesis Independent Sample T- Test 0,81 > 0,05 yang menyatakan H_0 diterima dan H_1 diterima. independent sample t test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,081 > 0,05, sehingga H_O diterima dan H_1 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning membuat mind mapping terhadap hasil belajar pada materi lingkaran siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sragen tidak efektif. Terdapat beberapa faktor yang membuat pembelajaran project based learning membuat mind mapping tidak efektif, antara lain waktu pembelajaran yang cukup singkat yaitu hanya 3 pertemuan selama penelitian berlangsung, perbedaan yang tidak signifikan dari rata – rata pretest 55, 2 (kelas kontrol) dan 66, 1 (kelas eksperimen) yang mengakibatkan rata – rata pada posttest 88, 6 (kelas kontrol) dan 91, 6 (kelas eksperimen) juga tidak ada perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan model project based learning secara berkelanjutan sebagai pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan aplikatif guna meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 00:31 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 00:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |