PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS E-BOOKLET MATERI GARIS DAN SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MA’ARIF TIENG

Hidayah, Khafidlotul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS E-BOOKLET MATERI GARIS DAN SUDUT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MA’ARIF TIENG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI Khafidlotul Hidayah 23070210007_compressed.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hidayah, Khafidlotul. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis E-Booklet Materi Garis dan Sudut Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Ma’arif Tieng. Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Gani Rohman, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Flashcard Berbasis E-Booklet, Hasil Belajar. Penelitian pengembangan flashcard berbasis e-booklet ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk berupa flashcard berbasis e-booklet pada materi garis dan sudut yang valid, efektif dan praktis dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Ma’arif Tieng tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dimana proses pengembangan melalui lima tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA MTs Ma’arif Tieng Fase D Tahun Pelajaran 2024/2025. Instrumen pada penelitian ini berupa angket wawancara guru dan kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli materi dan media, lembar soal Pretest-Posttest, lembar kepraktisan peserta didik dan guru. Produk hasil pengembangan berupa flashcard berbasis e-booklet yang diuji validitasnya melalui validator ahli materi dan ahli media. Analisis data yang dilakukan dalam studi pendahuluan adalah kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis data kevalidan menggunakan statistik deskriptif, keefektifan menggunakan Uji Paired Sample T Test terhadap data yang sebelumnya sudah diuji pra-syarat menggunakan Uji Saphiro-Wilk dan Uji Levine Statistic., serta kepraktisan menggunakan statistik deskriptif diuji melalui respon guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan data untuk validasi produk menghasilkan presentase sebesar 94% dari ahli materi dan 85% dari ahli media dan menghasilkan kategori sangat valid. Uji keefektifan flashcard berbasis e-booklet menggunakan soal tes uraian berupa pretest dan posttest. Hasil analisis perhitungan nilai pretest dan posttest pada Uji Paired Sample T Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan produk flashcard berbasis e-booklet. Hasil uji kepraktisan flashcard berbasis e-booklet terhadap respon guru menghasilkan presentase sebesar 96,67%, uji kepraktisan peserta didik menghasilkan presentase kepraktisan sebesar 93% dan dapat dikatakan sangat praktis. Dengan demikian, produk flashcard berbasis e-booklet yang dikembangan memiliki kategori valid, efektif dan praktis terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:12
Last Modified: 19 Jun 2025 02:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item View Item