Praditya, Muhamad Irfan (2025) IMPLEMENTASI NILAI TATHAWWUR WA IBTIKAR (P5RA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
MUHAMAD IRFAN PRADITYA 23010210111 siap print_compressed.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MUHAMAD IRFAN PRADITYA 23010210111 siap print_compressed.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MUHAMAD IRFAN PRADITYA 23010210111 siap print_compressed.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MUHAMAD IRFAN PRADITYA 23010210111 siap print_compressed.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
MUHAMAD IRFAN PRADITYA 23010210111 siap print_compressed.pdf Download (4MB) |
Abstract
Praditya, Muhamad Irfan. 2025. Implementasi Nilai Tathawwur wa Ibtikar (P5RA) pada Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, P5RA, Tathawwur wa Ibtikar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan nilai Tathawwur wa Ibtikar pada peserta didik kelas VII MTs N Salatiga tahun ajaran 2024/2025. (2) Faktor pendukung implementasi nilai Tathawwur wa Ibtikar pada peserta didik kelas VII MTs N Salatiga tahun ajaran 2024/2025. (3) Faktor penghambat implementasi nilai Tathawwur wa Ibtikar pada peserta didik kelas VII MTs N Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, koordinator, fasilitator dan peserta didik kelas VII MTs Negeri Salatiga. Dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan, yakni: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai Tathawwur wa Ibtikar telah dilaksanakan melalui kegiatan projek seperti pembuatan karya dari barang bekas, memanfaatkan limbah/sampah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat yang diolah untuk menjadi ekoenzim, pengolahan pisang menjadi makanan berdaya jual tinggi. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai Tathawwur wa Ibtikar. Faktor pendukung yaitu, komitmen pimpinan madrasah, koordinasi rutin dan pelaporan, antusiasme dan keterlibatan peserta didik. Adapun faktor penghambat yaitu, perbedaan karakter dan latar belakang peserta didik, keterbatasan waktu pelaksanaan, belum meratanya pemahaman mengenai P5RA, keterbatasan jumlah guru dan beban tugas, anggaran dan kurang efektifnya pembagian kelompok tim projek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 12:58 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 12:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |