, Shabna Fitriyastuti (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN JUJUR PESERTA DIDIK DI SD PLUS TAHFIZHUL QURAN (PTQ) ANNIDA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI SHABNA FITRIYASTUTI 23010210072 NEW.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SHABNA FITRIYASTUTI 23010210072 NEW.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fitriyastuti, Shabna. 2025. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Jujur di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M.Pd. Kata Kunci: Peran guru PAI, Karakter, Disiplin, Jujur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan jujur peserta didik di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga, 2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin dan jujur peserta didik di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga, 3) Faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin dan jujur peserta didik di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin dan jujur di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Jujur di SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga menjalankan perannya sebagai educator, leader, fasilitator, inovator, motivator, dan supervisor secara menyeluruh. Peran-peran tersebut dilaksanakan melalui integrasi nilai karakter dalam pembelajaran, keteladanan sikap, pembiasaan religius, motivasi, serta pengawasan yang berkelanjutan. 2) Faktor yang mendukung pembentukan karakter peserta didik meliputi keteladanan guru, lingkungan sekolah yang religius dan terstruktur melalui budaya harian seperti shalat berjamaah, muraja’ah, dan pembiasaan ibadah lainnya, serta kerja sama dengan orang tua melalui media monitoring seperti buku mutaba’ah yang memperkuat pendidikan karakter di rumah. 3) Faktor yang menghambat pembentukan karakter peserta didik meliputi lingkungan luar sekolah yang kurang mendukung, terutama pola asuh di rumah yang tidak sejalan dengan nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah, dan penggunaan gadget secara bebas tanpa pengawasan orang tua, yang berdampak pada menurunnya fokus belajar, kedisiplinan, dan potensi penyimpangan nilai karakter disiplin dan jujur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 16:17 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 16:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |