ASDIYATI, FARIDA (2025) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN 4C (CRITICAL THINKING, CREATIVITY, COMMUNICATION, AND COLLABORATION) PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI MA’ARIF MANGUNSARI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
FARIDA ASDIYATI 23040210020 fikss banget.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
FARIDA ASDIYATI 23040210020 fikss banget.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
FARIDA ASDIYATI 23040210020 fikss banget.pdf Download (3MB) |
Abstract
Asdiyati, Farida. 2025. Upaya Guru dalam Menumbuhkan Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration) Peserta Didik melalui Pelajaran Matematika MI Ma’arif Mangunsari. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin, M.Si. Kata Kunci: upaya guru, keterampilan 4C, pelajaran matematika. Tujuan skripsi ini adalah: 1) Untuk menganalisis upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C (critical thingking, creativity, communication, and collaboration) melalui pelajaran matematika peserta didik kelas V E MI Ma’arif Mangunsari. 2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C (critical thingking, creativity, communication, and collaboration) melalui pelajaran matematika peserta didik kelas V E MI Ma’arif Mangunsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V E yang sekaligus menjadi pengajar mata pelajaran matematika di kelas tersebut, dan empat siswa kelas V E untuk memberikan bukti upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan observasi wawancara serta dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan metode triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C diantaranya adalah: a) critical thinking ditumbuhkan guru dengan membiasakan peserta didik dengan belajar, mendorong peserta didik untuk bertanya, memberikan kesempatan untuk pertanyaan terbuka, serta memberikan soal yang menantang dan membutuhkan analisis. b) creativity ditumbuhkan guru dengan melatih logika siswa, menggunakan sumber belajar dari selain buku pendamping, melatih berpikir secara divergen, melatih peserta didik untuk menemukan solusi alternatif dari suatu masalah, mengembangkan rasa percaya diri dan keberanian untuk mencoba hal-hal baru, melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. c) communication ditumbuhkan guru dengan melatih presentasi, diskusi antar kelompok, dan memberikan tugas secara berkelompok. d) collaboration ditumbuhkan guru dengan tutor sebaya 2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan keterampilan 4C berasal dari internal dan eksternal. Faktor pendukung internal diantaranya timbul dari guru dan juga peserta didik. Sedangkan faktor eksternal pendukung upaya guru berasal dari lingkungan belajar. Faktor penghambat upaya guru dalam menumbuhkan keterampilan 4C adalah perbedaan kemampuan yang dimiliki peserta didik dan kurangnya dukungan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 19:59 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 19:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |