Perkembangan pondok pesantren Pancasila 1992-2023

najib, Abdullah Ibnu (2025) Perkembangan pondok pesantren Pancasila 1992-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI NAJIB ACC (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
REVISI NAJIB ACC (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
REVISI NAJIB ACC (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
REVISI NAJIB ACC (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Abdullah Ibnu Najib. 2025. Perkembanga Pondok Pesantren Pancasila Tahun 1992-2023. Skripsi. Program Studi Sejarah Peradaban Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Salatiga 2025. Pembimbing: Dr. Sutrisna S.Ag.M.pd., Tujuan penelitian skripsi ini adalah meneliti perkembangan Pondok Pesantren Pancasila tahun 1992-2023, sejarah awal berdirinya Pondok Pesanten Pancasila tahun 1992, perkembangan Pondok Pesantren Pancasila 1993-2004.Lembaga yang ada di Pondok Psantren Pancasila tahun 2005-2023 Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah. Adapun langkah-langkah dalam metode penelitian sejarah yaitu: (1) Pengumpulan data atau heuristik, (2) Kritik sumber atau verifikasi, (3) Penafsiran atau interpretasi dan (4) Penulisan sejarah atau historiografi. Sumber primer pada skripsi ini adalah data dari Lembaga yang ada di Pondok pesantren dan wawancara dengan ketua yayasan pondok pesantren dan pengurus Pondok Pesantren Pancasila. Hasil penelitian skripsi ini antara lain: (1) Pondok Pesantren Pancasila merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral generasi muda. Sejak berdirinya, pondok ini telah menunjukkan pertumbuhan signifikan baik dari segi jumlah santri, infrastruktur, kurikulum. (2) Upaya pondok pesantren dalam meningkatkan pembelajaran santri dilakukan melalui inovasi metode mengajar, peningkatan kualitas tenaga pengajar, penyediaan fasilitas belajar yang memadai, dan penguatan pendidikan karakter. Strategi-strategi ini memberikan dampak positif terhadap semangat belajar, prestasi akademik, dan perkembangan pribadi santri. Pesantren terbukti mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman tanpa kehilangan esensi tradisi keilmuannya. (3) Dalam periode 2005–2023, Pondok Pesantren Pancasila telah mengembangkan beragam lembaga untuk menunjang visi pesantren sebagai pusat pendidikan Islam, pembinaan karakter, dan pemberdayaan masyarakat. Lembaga-lembaga ini berperan penting dalam menciptakan santri yang tidak hanya religius, tetapi juga mandiri, kreatif, dan siap berkontribusi di tengah masyarakat. Keberadaan lembaga tersebut mencerminkan komitmen pesantren dalam menjawab tantangan zaman secara progresif.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2025 22:28
Last Modified: 19 Jun 2025 22:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item