PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KONTROL SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 5 SALATIGA MELALUI INTENSITAS KONTEN FIGHTING GAMES PADA FOR YOUR PAGE (FYP) APLIKASI TIKTOK

FITRI, ANNISA (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KONTROL SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 5 SALATIGA MELALUI INTENSITAS KONTEN FIGHTING GAMES PADA FOR YOUR PAGE (FYP) APLIKASI TIKTOK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Annisa Fitri KPI'21.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fitri, Annisa, 2025. Pengaruh Literasi Digital terhadap Kontrol Sosial Siswa Kelas VIII SMP N 5 Salatiga melalui Intensitas Konten Fighting Games pada For Your Page (FYP) Aplikasi Tiktok. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata kunci: Literasi Digital, Kontrol Sosial, Intensitas Konten, Fighting Games, For Your Page, Aplikasi Tiktok. Literasi digital adalah kemampuan pemahaman dan penerapan seorang dalam bermedia sosial, generasi Z banyak yang menggunakan Hp untuk mengakses media sosial Tiktok for your page (FYP) yang mampu mendeteksi kegemaran pengguna dengan konten game pertarungan yang sering diakses oleh siswa laki-laki, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kontrol sosial dengan konsumsi konten yang intens. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi digital terhadap kontrol sosial siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga melalui intensitas konten fighting games pada for your page (FYP) aplikasi Tiktok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis penelitian SEM-PLS untuk menguji pengaruh variabel independen (X) literasi digital terhadap variabel dependen (Y) kontrol sosial siswa melalui variabel mediasi (Z) intensitas konten fighting games. Pengumpulan sampel menggunakan probability sampling dengan objek penelitian siswa kelas VIII SMP N 5 Salatiga dengan populasi 137 siswa laki-laki dan diambil sampel 58 siswa, menggunakan perangkat statistik Smart PLS versi 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumen, dan kuesioner dengan model skala likert yaitu: skala literasi digital, skala intensitas konten fighting games, dan skala kontrol sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi digital terhadap kontrol sosial negatif signifikan path coefficient (-0.238), T statistik (1.971 > 1.64), dan P value (0.024 < 0.05). Literasi digital terhadap intensitas konten fighting games pada for your page aplikasi Tiktok dengan positif signifikan path coefficient (0.526), T statistik (4.863 > 1.64), dan P value (0.000 < 0.05). Intensitas konten fighting games terhadap kontrol sosial siswa positif signifikan path coefficient (0.821), T statistik (4.053> 1.64), dan P value (0.000 < 0.05). Literasi digital terhadap kontrol sosial melalui intensitas konten fighting games pada for your page (FYP) aplikasi tiktok sebagai variabel mediasi positif signifikan path coefficient (0.432), T statistik (9.684> 1.64), dan P value (0.000 < 0.05). Hal ini menunjukan literasi digital mempengaruhi penurunan kontrol sosial siswa, namun literasi digital diperkuat dengan intensitas konten fighting games.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2025 01:43
Last Modified: 20 Jun 2025 01:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item View Item