Kholil, Muhamad (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 1 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Final Muhammad Kholil.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Skripsi Final Muhammad Kholil.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kholil,Muhamad. 2025. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nila-Nilai Multikultural di SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Penanaman Nilai, Nilai Multikultural, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Metode guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural bagi siswa SMA; 2. Dampak yang dihasilkan dari penanaman nilai-nilai multikultural bagi siswa SMA dengan menggunakan berbagai metode. Penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif study kasus. Data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Data sekunder penelitian ini adalah modul ajar, kurikulum operasional sekolah, dan dokumen kegiatan dalam kelas maupun luar kelas. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 1 Tuntang. 1. Penanaman nilai dilakukan melalui tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar dengan mengintegrasikan nilai multikultural ke dalam pembelajaran. Tahap pelaksanaan berlangsung di dalam dan luar kelas; di kelas melalui metode ceramah, problem based learning, dan penggunaan media pembelajaran, sedangkan di luar kelas melalui kegiatan perayaan hari besar keagamaan, bakti sosial, dan Jumat Religi. Evaluasi dilakukan melalui soal pilihan ganda maupun esai dalam ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan akademik siswa, membentuk karakter toleran dan disiplin, serta mendorong pola pikir kritis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |