Safitri, Destya (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X BERBANTUAN APLIKASI BRAINLY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PELUANG DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN AJAR 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
DESTYA SAFITRI 23070210003.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
DESTYA SAFITRI 23070210003.pdf Download (8MB) |
Abstract
Safitri, Destya (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Berbantuan Aplikasi Brainly Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Peluang di SMA Islam Sudirman Ambarawa Tahun Ajar 2024/2025. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Peluang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Brainly efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X. Penelitian ini bermetode yaitu kuantitatif berdesain eksperimen kuasi yang melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Model pembelajaran yang diterapkan di kelas eksperimen yaitu Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Brainly dan kelas kontrol menggunakan Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Mathway. Pretest dan Posttest digunakan sebagai alat ukur pemahaman peserta didik pada materi peluang. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan instrumen penelitian berupa tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan n-gain score guna mengetahui perbedaan yang signifikan yang ada pada kedua kelompok kelas. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh aplikasi Brainly terbukti lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan aplikasi Mathway. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 74,72 lebih tinggi dibandingkan 55,90. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelas. Selain itu, analisis menggunakan N-Gain Score memperlihatkan bahwa penerapan Problem Based Learning dengan bantuan aplikasi Brainly menghasilkan peningkatan hasil belajar pada kategori sedang, dengan skor sebesar 0,6075. Sementara itu, penggunaan aplikasi Mathway hanya menghasilkan rata-rata N-Gain Score sebesar 0,3705, yang juga termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil uji statistik dan peningkatan hasil belajar yang tergolong sedang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 18:34 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 18:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |