BADRIYAH, ASSYIFAUL (2025) SINERGI PROGRAM BK DAN PROGRAM PERWALIAN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI DI MTS NEGERI SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Assyifaul Badriyah (FTIK).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Assyifaul Badriyah (FTIK).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Assyifaul Badriyah (FTIK).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Assyifaul Badriyah (FTIK).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Assyifaul Badriyah (FTIK).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Assyifaul Badriyah (FTIK).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Assyifaul Badriyah (FTIK).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Semarang untuk mencapai lima tujuan. Tujuan yang ingin dicapai adalah: (1) mendeskripsikan program BK dalam membina kedisiplinan berbasis nilai-nilai islami, (2) mendeskripsikan program perwalian dalam membina kedisiplinan berbasis nilai-nilai islami, (3) menjelaskakan sinergi antara program BK dan program perwalian berbasis nilai-nilai islami dalam membina kedisiplinan, (4) menjabarkan mengenai faktor pendukung pelaksanaan kerja sama antara program BK dan program perwalian, dan (5) mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan kerja sama antara program BK dan program perwalian dalam membina kedisiplinan di MTs Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer melalui proses wawancara dan observasi, serta data sekunder melalui dokumentasi. Data primer yang digunakan terdiri dari 1 guru BK, 1 wali kelas, 4 siswa, kepala kesiswaan, dan wakil kepala kurikulum di MTs Negeri Semarang. Transkip wawancara dan observasi yang dijadikan sebagai panduan untuk menggali informasi mengacu pada Teori Bhakti, Surana, Wasono, Fiandi, Setiyoko & Sumaryati, serta Febriatno & Suratman. Adapun data sekunder yang digunakan diperoleh dari hasil dokumentasi dari buku-buku catatan kedisiplinan dari guru BK maupun wali kelas, dokumentasi lapangan, catatan kedisiplinan siswa, dan chat grup wali kelas di MTs Negeri Semarang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teori Miles dan Huberman. Adapun untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dua model triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini mempunyai lima poin utama. Poin tersebut adalah: 1) program BK di MTs Negeri Semarang menggunakan model BK komprehensif dengan komponen layanan utama yang diterapkan untuk membina kedisiplinan adalah layanan dasar dan layanan responsif, (2) sebagai peran mingguan wali kelas, bentuk pembinaan yang dilakukan dalam program perwalian adalah dengan memberikan nasehat dan melakukan crosscheck berdasarkan catatan kedisiplinan siswa secara klasikal oleh wali kelas selama dua kali dalam satu bulan pada hari Sabtu, (3) sinergi yang terjadi antara program BK dan program perwalian terletak pada dua hal, yaitu sinergi dalam visi dan operasional program. Melalui program perwalian dan program BK berupa home visit, konferensi kasus, dan buku pantauan kelas, MTs Negeri Semarang mempunyai visi untuk mewujudkan kedisiplinan siswa yang ditanamkan melalui masing-masing program dengan menekankan pada aspek-aspek nilai islami, yaitu metode pengajaran, pembiasaan, peneladanan, pemotivasian, dan penegakan aturan. Adapun secara operasional antara guru BK dan wali kelas saling bekerja sama dalam melaksanakan program pembinaan kedisiplinan siswa, utamanya pada program yang harus yang harus saling berkoordinasi dan berkolaborasi antara pihak guru BK dan wali kelas, (4) Faktor pendukung pelaksanaan kerja sama program BK dan program perwalian terletak pada peran koordinasi, komunikasi serta peran kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua, (5) Faktor penghambat pelaksanaan kerja sama antara program BK dan program perwalian terletak pada kesibukan masing-masing pihak, kepribadian guru, dan rangkap jabatan. Kata Kunci: Sinergi; Program BK; Program Perwalian; Nilai-nilai Islami
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2025 17:30 |
Last Modified: | 22 Jun 2025 17:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |