S, Annisaa Rahayu (2025) ANALISIS PEPLAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS NILAI NILAI ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI_ANNISAA RAHAYU S_0052.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ANNISAA RAHAYU S_0052.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ANNISAA RAHAYU S_0052.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ANNISAA RAHAYU S_0052.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ANNISAA RAHAYU S_0052.pdf Download (7MB) |
Abstract
Rahayu S, Annisaa. 2025. Analisis Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Berbasis Nilai Nilai Islam untuk Mengembangkan Potensi Siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga. Skripsi, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Nilai Nilai Islam, Pengembangan Potensi Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan bimbingan dan konseling yang berlandaskan nilai-nilai Islam dapat berkontribusi dalam pengembangan potensi siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Program bimbingan dan konseling berbasis nilai nilai Islam untuk mengembangkan potensi siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga, (2) Potensi yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah Salatiga, (3) Pelaksanaan bimbingan dan konseling berbasis nilai nilai Islam, dan (4) Tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan bimbingan konseling berbasis nilai nilai Islam untuk mengembangkan potensi siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan penelitian ini adalah wakil kepala bidang kesiswaan, guru BK dan siswa. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan bahwa (1) Program bimbingan dan Konseling berbasisi nilai nilai Islam tertuang dalam program semester, program tahunan dan RPL, yang penyusunanya diawali dengan need assesment. (2) Potensi yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah adalah potensi akademik dalam bidang tata busana, teknik permesinan, teknik industri tenaga listrik, dan teknik kendaraan ringan, yang dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran maupun dilakukan melalui ajang kompetisi antar SMK yang diterapkan dalam ekstrakulikuler meliputi, tapak suci, tari, hisbul wathan dan organisasi siswa. (3) Pelaksanaan bimbingan dan konseling berbasis nilai nilai Islam untuk mengembangkan potensi siswa dilakukan melalui bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, konseling individu, layanan informasi, dan kolaborasi. Di beberapa layanan tersebut ada beberapa potensi yang dikembangkan dan dalam pelaksanaannya berbasis nilai nilai Islam, yang diawali dengan do’a, dan mengangkat hadist atau ayat dalam kegiatan itu. (4) Tantangan yang dihadapi guru BK adalah keterbatasan waktu dan kesulitan dalam mengintegrasikan nilai nilai Islam terhadap siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 01:54 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 01:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |