IMPLIKASI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA DI MI NURUL HUDA GOGODALEM KECAMATAN BRINGIN

YUNIZAR, FIRDA (2025) IMPLIKASI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KI HADJAR DEWANTARA DI MI NURUL HUDA GOGODALEM KECAMATAN BRINGIN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
revisi skrip pirrrrr.pdf

Download (1MB)
[img] Text
revisi skrip pirrrrr.pdf

Download (1MB)
[img] Text
revisi skrip pirrrrr.pdf

Download (1MB)
[img] Text
revisi skrip pirrrrr.pdf

Download (1MB)

Abstract

Firda Yunizar, 2025. Implikasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di MI Nurul Huda Gogodalem Kecamatan Bringin. Skripsi. Salatiga: Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs.Juz’an, M.Hum. Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengembangkan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan budaya Indonesia. Serta dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membentuk para peserta didik menjadi pribadi yang utuh, beriman, dan berakhlak mulia serta membantu kontribusi dalam masyrakat. Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui Implikasi konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara di MI Nurul Huda Gogodalem . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang mendeskripsikan hasil analisis dengan teori Trilogi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah, Staf Guru dan Peserta didik sebagai sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, interpretasi serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pendidikan karakter yang diterapkan di MI Nurul Huda Gogodalem menggunakan pendidikan karakter dari Ki Hadjar Dewantara yang terdiri dari tiga prinsip, yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha (di depan memberi contoh) di implementasikan dalam kegiatan sholat dzuhur berjamaah, sholat dhuha, upacara bendera, pembacaan doa sebelum belajar) Ing Madya mangun Karsa (di tengah membangun kemauan) di impletasikan dalam kegiatan bola voli, kaligrafi, baca tulis Qur’an dan pramuka) dan Tut Wuri Handayani (di belakang memberi motivasi) melalui berbagai program dan kegiatan.pembiasaaan dan ekstakulikiler, kegiatan dalam proses kegiatan belajar mengajar pendidik dapat memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan dan potensi mereka. Kata kunci: Implikasi Pendidikan, Pendidikan Karakter, Ki Hadjar Dewantara

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2025 15:43
Last Modified: 23 Jun 2025 15:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24216

Actions (login required)

View Item View Item