Gustianti, (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN INTERAKSI ANTAR KOMPONEN PENYUSUN EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
GUSTIANTI_23060210023-compressed.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan interaksi antar komponen ekosistem melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung media diorama pada siswa kelas VII dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning, (2) menganalisis efektivitas penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan diorama terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan yang sama di kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga dan (3) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung media diorama pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga, dengan sampel yang dipilih secara acak, yaitu kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda pretest dan posttest yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Selain itu, data juga dikumpulkan melalui angket respon siswa yang telah divalidasi oleh ahli. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, serta uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen mencapai 81,72, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,06. Selain itu, tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Project Based Learning yang didukung media diorama sangat positif, di mana 87,18% siswa kelas eksperimen menyatakan bahwa model ini membantu mereka dalam memahami materi. Perbandingan rata-rata nilai antara kedua kelas menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih tinggi (81,72 > 74,06). Hal ini diperkuat oleh hasil uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,427 lebih besar dari ttabel 2,036 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media diorama terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 17:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 17:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |