, Putri Novita Sari (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERDIFERENSIASI PADA MATERI PELUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 1 MOJOSONGO. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
PUTRI NOVITA SARI 23070210051 SKRIPSI JADI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
PUTRI NOVITA SARI 23070210051 SKRIPSI JADI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
PUTRI NOVITA SARI 23070210051 SKRIPSI JADI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
PUTRI NOVITA SARI 23070210051 SKRIPSI JADI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
PUTRI NOVITA SARI 23070210051 SKRIPSI JADI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
PUTRI NOVITA SARI 23070210051 SKRIPSI JADI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
PUTRI NOVITA SARI 23070210051 SKRIPSI JADI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Sari, Putri, Novita. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berdiferensiasi Pada Materi Peluang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Mojosongo. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdiferensiasi pada materi peluang terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Mojosongo tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, dengan desain pretest-post-test two treatment design. Seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Mojosongo menjadi populasi penelitian. Teknik cluster random sampling dipilih untuk menentukan sampel dan diperoleh kelas X TKI 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X ATAN 3 sebagai kelas eksperimen 2. Tes digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan Independent sample t-test. Hasil pengujian prasyarat tahap awal dengan data pretest pada uji normalitas menunjukan nilai signifikasi 0,200 (>0,05) maka data berdistribusi normal dan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikasi 0.063 (>0,05) maka data bersifat homogen, dan dilanjutkan uji hipotesis Independent sample t-test didapatkan nilai signifikasi 0,686 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak maka dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest. Dengan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 1 yaitu 31,03 dan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 2 yaitu 29,61. Kemudian analisis data tahap akhir dengan data posttest pada uji normalitas menunjukan nilai signifikasi 0,200 (>0,05) maka data berdistribusi normal dan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikasi 0.074 (>0,05) maka data bersifat homogen, dan dilanjutkan uji hipotesis Independent sample t-test didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima diartikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 lebih tinggi yaitu 70,4 dibandingkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 yaitu 53,27. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berdiferensiasi efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kelas X SMK Negeri 1 Mojosongo tahun pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 18:07 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 18:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |