RELANDHA, ALIFA IQKRIA (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DAN PENGEMBANGAN BAKAT PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Alifa Iqkria Relandha.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Relandha, Alifa Iqkria. 2025. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dan Pengembangan Bakat pada Siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Pengembangan Bakat. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, serta menganalisis pengembangan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru BK, Pendamping Ekstrakurikuler, dan Siswa. Sumber data sekunder berasal dari jurnal, skripsi, dan dokumen sejarah sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga mencakup kegiatan seperti tahfidz, shalat dhuha, shalat dhuhur dan asar berjamaah, shalat Jum’at, kegiatan keputrian, dan da’i mplus yang dilaksanakan dengan metode pembiasaan, keteladanan guru, serta pemberian motivasi. Kegiatan ini berperan dalam membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab siswa terhadap nilai-nilai agama. 2) Pengembangan bakat siswa dilakukan melalui kegiatan tilawah dan tartil, CCI, pidato, kaligrafi, rebana, dan kampung bahasa Arab. 3) Faktor pendukung dalam Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga meliputi dukungan sekolah, motivasi orang tua, fasilitas yang memadai, serta budaya sekolah yang aktif. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain jadwal yang bertabrakan, kurangnya motivasi siswa, kondisi latihan yang kurang kondusif, dan jeda latihan akibat libur panjang. 4) Dalam pengembangan bakat SMP Muhammadiyah Plus Salatiga bekerja sama dengan Lembaga Bina Asih dari Yogyakarta, dukungan guru dan antusiasme orang tua turut memperkuat semangat siswa dalam berlatih. Namun, hambatan seperti keterbatasan ruang, rasa malas, gangguan dari teman sebaya, dan pola makan yang kurang baik juga menjadi tantangan dalam pelaksanaannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 18:23 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 18:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |