PENGEMBANGAN GAME KINGDOM BERBASIS ANDROID CONSTRUCT 3 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SALATIGA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Sa'ida, Laila (2025) PENGEMBANGAN GAME KINGDOM BERBASIS ANDROID CONSTRUCT 3 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SALATIGA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LELA CIHUY.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sa’ida, Laila. 2025. Pengembangan Game KINGDOM Berbasis Android Construct 3 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Salatiga Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Game Edukasi; Construct 3; Klasifikasi Makhluk Hidup Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, karakteristik, kelayakan, dan kepraktisan produk pengembangan. Produk berupa game edukasi berbasis android menggunakan software Construct 3 berisikan submateri klasifikasi makhluk hidup guna meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Salatiga. Game dapat digunakan secara offline dan mandiri. Game yang telah dikembangkan memiliki karakteristik yaitu genre adventure, informatif, dan tetap dapat digunakan dengan smartphone meski tanpa jaringan internet. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan dua orang praktisi (guru). Penelitian menggunakan model 3D dengan tahap meliputi define, design, dan develop. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan instrumennya meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar kuesioner, serta dokumentasi. Diperoleh hasil untuk kebutuhan siswa dengan persentase 67% sehingga masuk ke dalam kategori dibutuhkan. Hasil uji kelayakan media diperoleh hasil 88% dan uji kelaykan materi sebesar 95% sehingga keduanya masuk ke dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan revisi. Sedangkan uji kepraktisan media game oleh dua praktisi diperoleh hasil 94% dan oleh siswa diperoleh hasil 87% yang keduanya memenuhi kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, maka media ini layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2025 18:23
Last Modified: 23 Jun 2025 18:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24242

Actions (login required)

View Item View Item