Pertiwi, Nurkholimah Nanda Dewi (2025) IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Nurkholimah Nanda Dewi Pertiwi.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perencanaan Implementasi Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; 2. Pelaksanaan Implementasi Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; 3. Evaluasi dan tindak lanjut Implementasi Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer berupa hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kurikulum, BK, guru PAI dan budi pekerti, dan peserta didik. Data sekunder penelitian ini ialah data modul ajar, dan data-data terkait penilaian asesmen diagnostik seperti instrumen pertanyaan atau sampel hasil asesmen diagnostik. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancata, serta dokumentasi. Analisis data menggunalan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; 1. Perencanaan dilakukan dengan menyusun tim pelaksana, dilaksanakan pada awal tahun, dan memasukkan ke dalam program RKAS; 2. Pelaksanaan dilakukan melalui diskusi awal, pertanyaan dari pendidik yang ada di dalam kelas, pengamatan terhadap respon siswa di kelas; 3. Evaluasi dan tindak lanjut melalui pemahaman awal siswa secara lisan dan reflektif, penyesuaian metode mengajar, melakukan pengulangan materi, penguatan konsep tertentu, atau pendekatan individual sebagai bentuk tindak lanjut. Kata Kunci: Implementasi Asesmen Diagnostik, Kebutuhan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 18:35 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 18:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |