PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BRONGKOL 02 KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025.

Amiroh, Safratul (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BRONGKOL 02 KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Safratul Amiroh-23040210049-FTIK-PGMI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Safratul Amiroh-23040210049-FTIK-PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Amiroh, Safratul. 2025. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cerita Pendek Menggunakan Metode Snowball Throwing dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Brongkol 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) S1. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Snowball Throwing, Media Audio Visual, Cerita Pendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita pendek menggunakan metode Snowball Throwing dengan media audio visual pada peserta didik kelas III SD Brongkol 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil November sampai Februari, subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas III SD Negeri Brongkol 02 Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu pada tahap pra-siklus hanya 30%.(rendah). Pada siklus I meningkat sebesar 70% (meningkat), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90% (meningkat secara signifikan). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 60%. Dengan demikian penerapan metode snowball throwing dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD N Brongkol 02 tahun ajaran 2024/2025 di mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2025 18:56
Last Modified: 23 Jun 2025 18:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24249

Actions (login required)

View Item View Item