EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR BERBANTUAN KLINOMETER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Nadzir, Muhamad (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR BERBANTUAN KLINOMETER TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)
[img] Text
MUHAMAD NADZIR_23070210086.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis outdoor learning berbantuan klinometer terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMK Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain pretest-posttest control group. Model pembelajaran Project Based Learning berbasis outdoor learning berbantuan klinometer sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar menjadi variabel terikat. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas X ATPH 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Ototronik 2 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sementara metode pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test dan indenpendent sample t-test dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 24. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbasis outdoor berbantuan klinometer efektif terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Kesimpulan ini didukung oleh hasil uji hipotesis yang mencakup beberapa tahapan. Pertama, uji one sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, yang berarti rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 85,00 berbeda dan melebihi KKTP yang ditetapkan, yaitu 75. Kedua, uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol sesudah diberikan perlakuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2025 20:05
Last Modified: 23 Jun 2025 20:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24255

Actions (login required)

View Item View Item