i PERAN PELAKSANAAN PERENCANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA GURU PAI SD DI KECAMATAN BANCAK DAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 20015/2016

Sono, Mar (2018) i PERAN PELAKSANAAN PERENCANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA GURU PAI SD DI KECAMATAN BANCAK DAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 20015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
kumpulan tesis.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peran Pelaksanaan Perencanaan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Guru PAI SD di Kecamatan Bancak dan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 20015/2016 Tujuan penelitian: Pertama, Menemukan sistem perencanaan supervisi pendidikan pengawas PAI SD di Kecamatan Bancak dan Bringin Kabupaten Semarang. Kedua, Menemukan motivasi dan kinerja guru PAI SD di Kecamatan Bancak dan Bringin Kabupaten Semarang. Ketiga, Menemukan sejauh mana peran pelaksanaan perencanaan supervisi pendidikan pengawas PAI dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru PAI SD di Kecamatan Bancak dan Bringin Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan kegiatan supervisi oleh pengawas PAI sudah cukup baik, ini dapat dilihat dari implementasi perencanaan supervisi di kecamatan Bancak dan Bringin mempunyai kesamaan yaitu perencanaan supervisi di kecamatan Bancak dan Bringin sudah terencana dengan baik, hal ini dapat diketahui setelah peneliti melakukan studi dokumentasi berupa Program Tahunan, Program Semester dan Rencana Kepengawasan Akademik. Motivasi dan kinerja guru PAI di kecamatan Bancak dan Bringin dengan status PNS dan tersertifikasi sudah baik, akan tetapi guru PAI dengan status non PNS masih perlu ditingkatkan lagi. Tingkat keberhasilan implementasi perencanaan supervisi lebih berdampak positif di kecamatan Bringin dikarenakan guru dapat memberikan saran dan masukan dalam perencanaan supervisi, sedangkan guru di kecamatan Bancak yang tidak semua dilibatkan dalam perencanaan supervisi cenderung kurang bersemangat dalam meningkatkan kinerja karena tidak mengetahui kapan atau apa saja yang harus dipersiapkan dalam kegiatan supervisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 04:36
Last Modified: 06 Mar 2018 04:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item View Item