EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MENGGUNAKAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Fasihah, Zaena Ulil (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MENGGUNAKAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ZAENA ULIL FASIHAH.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ZAENA ULIL FASIHAH.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ZAENA ULIL FASIHAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fasihah, Zaena Ulil. Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Menggunakan Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Struktur Bumi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas; Talking Stick; Mystery Box; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran Talking Stick menggunakan media Mystery Box pokok bahasan Struktur Bumi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025, serta untuk (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking Stick menggunakan media Mystery Box terhadap hasil belajar kognitif siswa pokok bahasan Struktur Bumi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode True Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini juga menggunakan dua instrumen yaitu instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda (pretest dan posttest) yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Instrumen nontes berupa angket respon siswa yang telah diuji keabsahannya melalui validasi oleh ahli. Data pretest dan posttest dianalisis dengan SPSS 26.0 dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran talking stick menggunakan media mystery box diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 77,13 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah 64,97. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung 3,994 > ttabel 2,000 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga pengambilan keputusan yang dilakukan dengan SPSS 26.0 Independent Sample T-Test dapat disimpukan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran talking stick menggunakan media mystery box efektif terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan struktur bumi kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2025 23:39
Last Modified: 23 Jun 2025 23:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24266

Actions (login required)

View Item View Item