Pendidikan Karakter Religius dan Sikap Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Al-Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025

Arifiyah, Nurul (2025) Pendidikan Karakter Religius dan Sikap Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Al-Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CETAK_NURUL ARIFIYAH_23010210089_PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Arifiyah, Nurul, 2025. Pendidikan Karakter Religius dan Sikap Sosial Siswa di Madrasah Aliyah Al-Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S. Ag., M. Pd. Kata kunci: Pendidikan, karakter religius, sikap sosial Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter religius dan sikap sosial siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius dan sikap sosial siswa di Madrasah Aliyah Al-Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarana dan prasarana, guru, dan siswa, serta sumber sekunder berupa dokumen pendukung seperti modul ajar, catatan guru, catatan wali kelas, dan dokumentasi kegiatan yang berkaitan dengan karakter religius dan sikap sosial siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan karakter religius di MA Al Bidayah dilakukan melalui pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, infak pagi, salat duha, Salat Zuhur berjamaah, salat Jumat, manakib, mujahadah, PHBI, haul Mbah Bidayah, dan ekstrakurikuler keagamaan. Metode yang diterapkan melalui metode keteladanan, nasihat dan motivasi. Adapun materinya terdapat dalam pembelajaran al-Qur`an hadis, fikih, akidah akhlak, dan sejarah kebudayaan Islam. (2) Pendidikan sikap sosial di MA Al Bidayah dilakukan melalui apel pagi dan peduli lingkungan. Kegiatan yang dilakukan yaitu bakti sosial, penggalangan dana, class meeting, seminar, dan ektsrakurikuler umum. Adapun materinya terdapat dalam pembelajaran sosiologi dan PKn, serta metode yang digunakan adalah pembelajaran kolaboratif. (3) Faktor pendukung pendidikan karakter religius di MA Al Bidayah di antaranya dukungan tenaga kependidikan, dukungan keluarga, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran pada siswa, faktor lingkungan pergaulan yang kurang baik, dan kurangnya fasilitas masjid. (5) Faktor pendukung pendidikan sikap sosial di MA Al Bidayah di antaranya dukungan tenaga kependidikan dan kegiatan ekstrakurikuler umum. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa dan kecanduan gadget.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 12:11
Last Modified: 24 Jun 2025 12:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24277

Actions (login required)

View Item View Item