STRATEGI DISEMINASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN OLEH DISPORA KOTA SALATIGA MELALUI MEDIA SOSIAL

, Nindiya Hannafakhita Nugroho (2025) STRATEGI DISEMINASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN OLEH DISPORA KOTA SALATIGA MELALUI MEDIA SOSIAL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NINDIYA HANNAFAKHITA NUGROHO.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah mengetahui bagaimana strategi penyebaran informasi program kewirausahaan yang ada di DISPORA Kota Salatiga melalui media sosial dan dampak dari strategi penyebaran informasi program kewirausahaan melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepada bidang kepemudaan, staff bidang analis kepemudaan dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pelaksanaan program kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diseminasi program kewirausahaan memiliki strategi yaitu perencanaan diseminasi, dalam perencanaan ini DISPORA menggunakan media sosial yang memiliki fitur interaktif sehingga membangun komunikasi dua arah yang efektif kepada masyarakat, menggunakan surat cetak sebagai alat untuk menjangkau audiens secara langsung dan lebih tepat sasaran, DISPORA juga melakukan sosialisasi tatap muka yang diadakan di berbagai sekolah yang ada di Kota Salatiga, dengan sosialisasi ini diharapkan bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada para anak muda. Penggunaan media sosial telah memberikan dampak signifikan dalam mempercepat diseminasi program kewirausahaan di berbagai kalangan, terutama di kalangan generasi muda. Melalui platform seperti Instagram, dan Facebook informasi mengenai pelatihan, pendanaan, serta peluang bisnis dapat tersebar secara luas dan cepat tanpa dibatasi oleh lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan interaksi dua arah antara penyelenggara program dan peserta, yang mendorong partisipasi aktif dan membangun komunitas wirausaha yang saling mendukung. Selain itu, konten visual yang menarik dan bersifat edukatif mampu meningkatkan kesadaran dan minat terhadap kewirausahaan, sehingga lebih banyak individu terdorong untuk memulai usaha sendiri. Dengan demikian, media sosial menjadi alat strategis dalam memperluas jangkauan dan efektivitas program-program kewirausahaan yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 14:58
Last Modified: 24 Jun 2025 14:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24279

Actions (login required)

View Item View Item