PENERAPAN KEGIATAN COOKING CLASS UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA GLORY ISLAMIC KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Hanifah, Siti Nurul (2025) PENERAPAN KEGIATAN COOKING CLASS UNTUK MENGUATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA GLORY ISLAMIC KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Siti Nurul Hanifah_23050210013_SKRIPSI 2025 FINAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SITI NURUL HANIFAH (23050210013).pdf

Download (2MB)
[img] Text
SITI NURUL HANIFAH (23050210013).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan cooking class di RA Glory Islamic Salatiga, untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi dengan penerapan cooking class pada anak usia 5-6 tahun di RA Glory Islamic Salatiga, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan cooking class untuk menguatkan kemampuan literasi dan numerasi pada anak usia 5-6 tahun di RA Glory Islamic Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data penelitian diperoleh melalui triangulasi teknik. Hasil dari penelitian penerapan cooking class di RA Glory Islamic Salatiga yaitu membuat onde-onde labu. Cooking class di RA Glory Islamic dilakukan dengan beragam kegiatan. Cooking class membuat onde-onde labu dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemampuan literasi dalam cooking class diantaranya mengenal huruf awalan bahan, menyebutkan bahan-bahan, menyebutkan alat masak, menyusun kata menggunakan loose part, menyusun dan mencocokkan kata, serta menjelaskan proses memasak. Kemampuan numerasi pada cooking class meliputi mengenal angka dan menyebutkan angka, mengenal ukuran dan jumlah sederhana, menimbang dengan timbangan digital, serta mengenali nominal uang. Faktor pendukung penerapan kegiatan cooking class untuk menguatkan kemampuan literasi dan numerasinya meliputi dukungan orang tua, peran guru, fasilitas yang mendukung, dan anggaran sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi perkembangan anak yang berbeda-beda dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 18:46
Last Modified: 24 Jun 2025 18:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24294

Actions (login required)

View Item View Item