Rahmawati, Fadhilah (2025) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PERSPEKTIF KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 TUNTANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI FADHILAH RAHMAWATI 2025 (2).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FADHILAH RAHMAWATI 2025 (2).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FADHILAH RAHMAWATI 2025 (2).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FADHILAH RAHMAWATI 2025 (2).pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Menganalisis Pelaksanaan Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Perspektif Kurikulum Merdeka, Faktor pendukung Pelaksanaan Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Perspektif Kurikulum Merdeka, dan Faktor penghambat Pelaksanaan Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Perspektif Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode pengumpulan data berupa pengamatan langsung di lapangan, wawancara secara mendalam, serta telaah dokumen yang relevan. Partisipan dalam penelitian mencakup Kepala Sekolah, Guru PAI, Wakil Kepala Sekolah urusan Kurikulum, serta siswa-siswi SMAN 1 Tuntang. Proses pengolahan data dilakukan melalui tiga tahapan: mereduksi data untuk menyaring informasi penting, menyusun data secara sistematis, dan menarik kesimpulan yang divalidasi melalui proses verifikasi. Keakuratan data dijaga melalui triangulasi dengan menggabungkan berbagai sumber dan teknik. Hasil penelitian ini mencakup bahwa pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Tuntang dalam Kurikulum Merdeka berjalan cukup baik, meski masih perlu penyesuaian. Proses meliputi perencanaan melalui pelatihan guru dan penyusunan modul, pelaksanaan dengan metode aktif dan reflektif, serta penilaian formatif dan sumatif sesuai prinsip kurikulum. Faktor pendukung pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Tuntang meliputi dukungan stakeholder sekolah, pendanaan yang memadai, keterlibatan orang tua dan masyarakat, serta pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Hambatan pembelajarannya mencakup rendahnya motivasi siswa, kesulitan adaptasi terhadap Kurikulum Merdeka, dan metode mengajar guru yang kurang variatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 20:03 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 20:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |