EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA SD/MI DI GRIYA ASH-SHIFA AL ‘ATFAL MAGELANG

TRIYOGA, MUHAMMAD ROZAQI (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA SD/MI DI GRIYA ASH-SHIFA AL ‘ATFAL MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
(SKRIPSI) MUHAMMAD ROZAQI TRIYOGA 23040210099.pdf

Download (4MB)
[img] Text
(SKRIPSI) MUHAMMAD ROZAQI TRIYOGA 23040210099.pdf

Download (4MB)
[img] Text
(SKRIPSI) MUHAMMAD ROZAQI TRIYOGA 23040210099.pdf

Download (4MB)
[img] Text
(SKRIPSI) MUHAMMAD ROZAQI TRIYOGA 23040210099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hak fundamental bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Anak berkebutuhan khusus memiliki kebutuhan belajar yang berbeda dengan anak pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan media berbasis visual di griya ash-shifa al „atfal magelang., (2) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis visual dalam meningkatkan hasil belajar anak berkebutuhan khusus di griya ash shifa al „atfal magelang, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi evektivitas media pembelajaran berbasis visual bagi anak berkebutuhan khusus di griya ash-shifa al „atfal magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitia ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajuan data, dan penarikan kesimpulan. Serta dalam pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis visual di griya ash-shifa al 'atfal magelang tidak digunakan secara konsisten dalam setiap sesi pembelajaran, melainkan sebagai media pendukung yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan masing-masing siswa. Pendekatan ini menyesuaikan dengan metode terapi terpadu dan program pendampingan holistik yang diterapkan di griya. (2) Efektivitas media visual dalam pembelajaran di griya terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, fokus, dan antusiasme siswa berkebutuhan khusus. Siswa dengan diagnosa Down Syndrome (DS), Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), dan Autism Spectrum Disorder (ASD) dengan menunjukkan peningkatan dalam memahami materi dan interaksi yang lebih baik dengan guru pendamping. (3) Faktor utama yang berkontribusi terhadap efektivitas media visual meliputi keterampilan guru dalam memanfaatkan media, fasilitas pendukung seperti komputer dan proyektor, serta lingkungan belajar yang kondusif dengan waktu istirahat yang cukup. Selain itu, evaluasi berkala dan penyesuaian materi sesuai dengan kemampuan awal siswa turut meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media visual ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 20:27
Last Modified: 24 Jun 2025 20:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24301

Actions (login required)

View Item View Item