ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MATHEMATICS SELF EFFICACY NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Nabila, Salsa (2025) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MATHEMATICS SELF EFFICACY NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
salsa nabila - 23070210019.pdf

Download (8MB)
[img] Text
salsa nabila - 23070210019.pdf

Download (8MB)
[img] Text
salsa nabila - 23070210019.pdf

Download (8MB)
[img] Text
salsa nabila - 23070210019.pdf

Download (8MB)
[img] Text
salsa nabila - 23070210019.pdf

Download (8MB)
[img] Text
salsa nabila - 23070210019.pdf

Download (8MB)
[img] Text
salsa nabila - 23070210019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nabila, Salsa. 2025. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Mathematics Self Efficacy Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing:Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Analisis; Kemampuan Komunikasi Matematis; Mathematics Self Efficacy Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan mathematics self efficacy yang dimiliki siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga pada materi Relasi dan Fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini 6 siswa kelas VIII yang selanjutnya dipilih dari mathematics self efficacy tinggi 2 siswa, mathematics self efficacy sedang 2 siswa serta mathematics self efficacy rendah 2 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan siswa dengan mathematics self efficacy tinggi mampu memenuhi semua indikator dari kemampuan komunikasi matematis, yaitu drawing, mathematical expression, serta written text. Siswa dengan mathematics self efficacy sedang mampu memenuhi 2 indikator yaitu drawing dan mathematical expression. Sedangkan pada indikator written text mereka kesulitan dalam menyelesaikan dengan tahapan terstruktur. Serta siswa dengan mathematics self efficacy rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator yaitu mathematical expression. Sedangkan pada indikator drawing mereka mengalami kesulitan saat menentukan nilai range serta pada indikator written text mereka mengalami kesulitan dalam perhitungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2025 21:06
Last Modified: 24 Jun 2025 21:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item