Rismawati, Atika (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTERAKSI ANTARA KOMPONEN PENYUSUN SUATU EKOSISTEM KELAS VII SMP N 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
ATIKA RISMAWATI 23060210065.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ATIKA RISMAWATI 23060210065.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
ATIKA RISMAWATI 23060210065.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
ATIKA RISMAWATI 23060210065.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
ATIKA RISMAWATI 23060210065.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
ATIKA RISMAWATI 23060210065.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
ATIKA RISMAWATI 23060210065.pdf Download (9MB) |
Abstract
Rismawati, Atika. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Interaksi Antara Komponen Penyusun Suatu Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media diorama pada materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem kelas VII SMP N 1 Pabelan kabupaten semarang tahun pelajaran 2024/2025 (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi antara penyusun suatu ekosistem kelas VII SMP N 1 Pabelan kabupaten semarang tahun pelajaran 2024/2025. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Pabelan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dimana dalam pengambilan sampel ini dilakukan secara acak sehingga peneliti hanya mengamati beberapa kelompok populasi bukan setiap individu, sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dimana pada masing-masing kelas memiliki jumlah 36 peserta didik. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen soal tes dan non tes. Pada instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang melalui validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda soal sedangkan pada instrumen non tes menggunakan angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA kelas kontrol memiliki rata-rata pretest 62,75 dan posttest 70,36 sedangkan hasil belajar IPA kelas eksperimen memiliki rata-rata pretest 63,22 dan posttest 80,36 (2) Model pembelajaran project based learning berbantuan media diorama efektiv terhadap hasil belajar siswa materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem kelas VII SMP N 1 Pabelan kabupaten semarang tahun pelajaran 2024/2025 hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji statistik independent sample t-test diperoleh t hitung 3,546 > t tabel 1,994 dan P-value yaitu 0,001 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan hasil angket respon peserta didik yang berjumlah 36 peserta didik memberikan respon baik sekali.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 22:56 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 22:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |