Anggraeni, Shinta (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CARD GAME PADA POKOK BAHASAN UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Sintut Imutt Kiyuttt.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Sintut Imutt Kiyuttt.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anggraeni, Shinta. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Card Game Pada Pokok Bahasan Unsur, Senyawa, dan Campuran Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Card Game; Unsur, Senyawa, dan Campuran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil analisis kebutuhan media pembelajaran card game pada pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga, 2) Karakteristik media pembelajaran card game pada pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga, 3) Hasil uji kelayakan media pembelajaran card game pada pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga, 4) Hasil uji kepraktisan media pembelajaran card game pada pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono. Peneliti hanya sampai pada langkah ketujuh untuk mengembangkan suatu produk, antara lain potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk awal, dan revisi produk. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji kelayakan produk dan uji kepraktisan produk. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik diketahui bahwa guru mata pelajaran IPA jarang memanfaatkan media pembelajaran berbasis permainan serta hasil analisis kebutuhan peserta didik menunjukkan persentase sebanyak 83% membutuhkan media berbasis game. 2) Karakteristik pengembangan media pembelajaran card game ini merupakan penelitian yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbentuk kartu dengan metode game yang mengacu pada game salad point dan diimplementasikan dalam pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. 3) Hasil uji kelayakan dari ahli materi mendapat persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan hasil uji kelayakan ahli media mendapat persentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak sehingga dapat dikategorikan media yang dikembangkan sangat layak digunakan. 4) Hasil uji kepraktisan guru IPA mendapat persentase sebesar 94% dengan kategori sangat praktis sedangkan uji kepraktisan peserta didik mendapat persentase sebesar 89% dengan kategori sangat praktis sehingga dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran card game yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 00:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 00:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |